Kamis, 03 Februari 2011

CANDI MIRI

Situs Candi Miri (Miring) terletak pada sebidang tanah dengan luas + 16,5 x 25 m. Situs tersebut secara administratif termasuk dalam Dusun Nguwot, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Secara astronomis terletak pada koordinat 110030’22.22” Bujur Timur dan 07046’18.26” Lintang Selatan, dengan ketinggian 260 m d.p.a.l. Gambaran lingkungan situs Candi Miri serupa dengan situs Candi Ijo, Barong, Dawangsari, Gopolo dan Ratu Boko, terutama mempunyai kesamaan kemampuan air tanah dengan situs Ratu Boko.

Situs ini berada di puncak bukit yang dikelilingi oleh ladang dengan areal situs kurang lebih berukuran 10 x 25 m. Situs berupa runtuhan bangunan, yang diperkirakan merupakan bangunan candi. Hal ini dapat diketahui berdasarkan temuan arkeologisnya berupa: dua yoni tanpa lingga, tiga arca yang sudah aus, arca Nandi, arca Siwa dan kemuncak stupa.

Dua Yoni tanpa lingga dengan bahan andesit, tiga arca (arca I, II dan III) yang sudah aus, salah satu arcanya, yaitu arca III diidetifikasi sebagai arca mahakala karena beratribut gada, ditemukan berdekatan dengan reruntuhan bangunan. Kemuncak stupa dengan bahan andesit ditemukan + 50 m disebelah timur dari reruntuhan bangunan. Arca Nandi, dengan bahan batu andesit, ditemukan + 150 m dari kemuncak stupa, dan arca roboh yang diidetifikasi sebagai arca Siwa ditemukan + 30 m sebelah barat reruntuhan bangunan pada tebing yang curam.

Alamat: Sambirejo Prambanan

Somber : tourismsleman.com

Home Wisata Sleman

Ngancar Tridadi Sleman

Tidak ada komentar: