Sabtu, 05 Februari 2011

Museum Geoteknologi Mineral UPN


Museum yang terletak di jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta ini diresmikan pada tanggal 17 Februari 1988 oleh Menhankam RI Jenderal (Purn) Ponimin. Pendirian Museum Geoteknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta diprakarsai oleh Prof. Drs. H. R. Bambang Soeroto (Rektor I UPN). Pendirian museum dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian masyarakat yang berkaitan dengan iptek kebumian sekaligus ajang promosi bagi UPN “Veteran” Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, museum di bawah naungan UPN Yogyakarta ini banyak mengoleksi jenis mineral, batuan, bahan tambang, maket, foto, gambar-gambar kebumian dan replika. Keseluruhan koleksi yang dimiliki sekitar 1.252 buah yang didomunasi oleh jenis batuan. Koleksi tertua adalah replika fosil trilobit tetracoral crinoid berumur 570 – 230 juta tahun yang lalu. Sementara koleksi unggulan adalah berupa fosil kepala gajah purba (maestodon SP) yang diperkirakan hidup pada masa prasejarah/ masa pleistosen atas (3 juta tahun yang lalu). Disamping itu ada pula koleksi batu Amethyse berwarna ungu dan batu giok hijau.

Museum melayani pengunjung pada hari Senin – Kamis jam 08.00 – 14.00 WIB dan Jumat jam 08.00 – 11.00 WIB. Pengunjung tidak dipungut biaya. Museum Geoteknologi Mineral UPN “Veteran” telah melengkapi dirinya dengan fasilitas, seperti: ruang audio visual, musholla, tempat parkir dan toilet.

Lokasi : Jl. Babarsari No. 2 Tambakbayan, Yogyakarta 55281

Telp : (0274) 485268 psw 17, 486991

Sumber : www.tourismsleman.com

Tidak ada komentar: