Sabtu, 05 Februari 2011

Monumen Yogya Kembali


Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan HB IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Pendirian monumen ini merupakan usulan Dr. Ruslan Abdulgani dan Marsudi yang kemudian dilontarkan oleh Kolonel Soegiarto selaku Walikota Yogyakarta dalam peringatan Yogya Kembali yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 1983. Monumen ini kemudian diresmikan pada tanggal 6 Juli 2006 oleh presiden Soeharto dengan penandatangan prasasti. Lokasi pembangunan Monumen ditetapkan oleh Sri Sultan HB IX dengan dasar pertimbangan letak di garis poros antara gunung Merapi – Monumen Yogya Kembali – Tugu Pal Putih – Keraton – Panggung Krapyak – Laut Selatan. Pemilihan nama “Yogya Kembali” mempunyai maksud sebagai tetenger peristiwa sejarah dengan mundurnya tentara Belanda dari Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta. Pendirian Monumen Yogya Kembali disamping untuk mengenang peristiwa bersejarah seperti tersebut di atas juga mempunyai tujuan lain, yaitu: (1) mengabdikan peristiwa kembalinya Ibukota Yogyakarta ke tangan bangsa Indonesia dan (2) memperingati kembalinya Ibukota Yogyakarta ke tangan bangsa Indonesia sekaligus berakhirnya penjajahan kolonialis Belanda di Indonesia.

Koleksi Museum Monumen Yogya Kembali terdiri atas henaldika, kapal (miniatur), pesawat (miniatur), kendaraan tradisional, senjata, alat – alat perhubungan, evokatif, diorama dan relief - relief perjuangan. Koleksi unggulannya berujud diorama Panglima Besar Soedirman menghadap Presiden dan Wakil Presiden di Istana Kepresidenan pada tanggal 10 Juli 1949.

Museum Monumen Yogya Kembali dibuka setiap hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB. Fasilitas penunjang yang mendukung keberadaan museum terdiri dari ruang pengelola atau ruang bagian umum lengkap dengan ruang informasi, perpustakaan, ruang serba guna, ruang souvenir, taman bermain anak-anak, ruang kesehatan, musholla, dan ruang rias.

Lokasi : Ringroad Utara, dusun Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman

Telp : (0274)868225, 868239


Sumber : www.tourismsleman.com

Tidak ada komentar: